Sudah saatnya usaha kulineran milik Anda punya profil bisnis online. Apalagi sekarang ini kita sedang berada di era teknologi informasi berbasis digital yang semakin berkembang pesat setiap saat.
Warung kulineran Anda sudah punya profil bisnis online? jika ternyata belum.. maka tidak ada istilah terlambat. Simak artikel ini sampai selesai agar usa kuliner Anda bisa segera beradaptasi untuk memiliki aset digital berupa profil bisnis online.
Fakta Mengapa Usaha Kuliner Perlu Punya Profil Bisnis Online
Supaya makin mantap, ada baiknya sebelum berlanjut ke pembahasan utama kita ketahui dan memahami terlebih dahulu tentang beberapa fakta utama mengapa usaha kulineran perlu memiliki profil bisnis online sebagai aset digital marketing untuk menambah peluang.
Semua orang menggunakan internet!
Sebut saja seperti itu, ya? atau mungkin ada kenalan maupun kerabat Anda yang saat ini tidak pakai koneksi internet sebagai fitur pendukung gaya hidup dalam kesehariannya? semua menggunakan internet!
Maka ini adalah alasan pertama dan merupakan hal penting sebagai fakta mengapa usaha kulineran perlu memiliki profil bisnis online.
Banyak pelaku bisnis selain Anda yang saat ini sudah beradaptasi memiliki profil bisnis yang dapat segera ditemukan dan diakses secara online menggunakan smartphone maupun perangkat desktop seperti komputer dan laptop. Lalu bagaimana dengan bisnis kulineran milik Anda?
Tren Penuhi Kebutuhan dan Gaya Hidup Online
Mulai dari fashion, perabot dapur, bayar listrik, membeli pulsa, bepergian dan kebutuhan keseharian lain sekarang sudah menjadi tren dilakukan secara online. Coba saja perhatikan sejenak, Anda juga seperti itu, bukan?
Tak terkecuali di bidang kulineran. Pesan makanan online saat ini bukan saja merupakan tren kekinian, namun juga sudah menjadi pola gaya hidup bagi sebagian banyak orang.
Bahkan ada beberapa perusahaan maupun kantoran yang memberikan fasilitas "uang makan harian" untuk karyawan berupa saldo dompet digital populer seperti Dana, Ovo, Gopay atau Shopeepay.
Meningkatkan Visibilitas dan Kredibilitas Bisnis
Faktanya, memiliki profil bisnis online dapat membantu menjangkau audiens global secara signifikan dan meningkatkan kesadaran tentang produk serta dapat menunjukkan komitmen terkait keseriusan bisnis kuliner yang Anda kelola.
Dari beberapa fakta utama tersebut, maka sudah saatnya usaha kulineran Anda memiliki profil bisnis online!
Cara Mudah Membuat Profil Online Bisnis Kulineran
Selain dapat dimiliki dengan mudah, cara membuat profil bisnis online untuk usaha di bidang kuliner ini juga gratis! berikut adalah beberapa cara yang dapat segera dilakukan untuk mewujudkannya.
Cara #1: Membuat Profil di Google Bisnis Lokal
Pernah melihat bisnis kuliner milik orang lain bisa ditemukan di Google Map? Anda juga sekarang bisa seperti mereka! caranya sangat mudah gratis, berikut adalah langkah-langkah yang dapat dilakukan:
- Login ke email Google (Gmail) -- jika belum punya, silakan mendaftar terlebih dahulu, gratis!
- Setelah berhasil login, silakan buka halaman membuat profil bisnis atau dapat diakses menggunakan url: https://business.google.com/create
- Isi kolom tersedia dengan nama bisnis kuliner Anda
- Lengkapi kategori bisnis sesuai dengan profil yang diinginkan. Misalkan jika menjual produk aneka nasi dan lauk, maka bisa saja mengisinya dengan nama Warung Nasi. Kemudian tekan tombol Next/Berikutnya.
- Lanjutkan dengan pengisian data sesuai yang dibutuhkan pada kolom tersedia berikutnya. Jika ada beberapa informasi yang ditanyakan dan Anda belum yakin untuk menjawabnya, gunakan tombol LEWATI untuk mengisinya di lain waktu.
- Setelah selesai, maka Anda akan diarahkan ke halaman verifikasi. Lakukan proses ini (biasanya via telepon, email) atau dikirimkan kartu pos yang berisi kode verfikasi ke alamat bisnis kuliner Anda.
- Setelah selesai dan sukses melakukan verifikasi, maka profil bisnis online Anda akan segera tampil di Google Map.
Cara #2: Membuat Profil Bisnis di Aplikasi Pesan Makanan Online
Peluang yang tersedia di sini sangat sayang untuk dilewatkan. Jadi jika saat ini bisnis kulineran Anda belum memiliki profil bisnis di aplikasi penyedia pesan antar makanan online seperti Gofood, Grabfood, Shopeefood dan Maximfood, maka segeralah untuk membuatnya sekarang juga.
Caranya mudah dan gratis! silakan mencoba unduh aplikasi layanan pesan makanan tersebut kemudian daftarkan bisnis kuliner Anda agar secepatnya memiliki profil online yang siap menerima pesanan.
Cara #3: Membuat Profil Bisnis Menggunakan Website
Cara yang satu ini juga masih gratis! artinya bisnis Anda tidak perlu mengeluarkan biaya. Bagaimana cara mudah dan gratis membuat profil bisnis online menggunakan website?
- Login ke akun email Google (Gmail)
- Buka halaman untuk membuat website gratis di sini: https://www.blogger.com
- Pilih menu Buat Blog/Create a New Blog (tersedia di bagian kiri atas), kemudian tentukan nama profil bisnis dan tekan tombol Berikutnya/Next
- Tentukan alamat website yang nantinya akan digunakan untuk mengakses profil bisnis. Silakan sesuaikan dengan nama warung atau produk makanan yang dijual, kemudian tekan tombol Simpan/Save
- Sampai tahapan ini, sekarang usaha kulineran Anda sudah punya alamat website sebagai profil bisnis online sesuai dengan data yang tadi dimasukkan. Jika mas Dirman mencoba mengisinya dengan nama warungkulinermurahenak, maka alamat urlnya akan menjadi seperti ini: https://warungkulinermurahenak.blogspot.com. Jadi silakan sesuaikan dengan nama bisnis masing-masing saja.
- Langkah selanjutnya adalah menentukan desain website untuk tampilan profil bisnis
- Pilih menu Tema/Theme (tersedia pada bagian kiri agak kebawah), kemudian tentukan tampilan desain yang sekiranya pas untuk profil bisnis Anda, lalu tekan tombol Terapkan. mas Dirman sendiri mencoba memilih desain dengan nama: Magazine.
- Setelah selesai menemukan tampilan desain yang sesuai, lanjutkan dengan mengisi konten untuk website profil bisnis tersebut berupa produk, informasi promo diskon, halaman kontak dan lain sebagainya.
Cara #4: Membuat Profil Bisnis Menggunakan Microsite
Microsite atau situs mikro adalah sebuah halaman website dalam skala yang lebih kecil. Biasanya hanya berisi konten utama seperti nama profil bisnis, deskripsi singkat dan tautan/link menuju halaman pemesanan. Microsite dapat juga digunakan sebagai shortlink atau penyingkat url.
Jadi misalkan bisnis kulineran Anda sudah punya alamat website, Anda bisa menambahkan aset berupa microsite agar dapat membuat tautan/link yang lebih singkat, karena biasanya alamat website atau alamat merchant di aplikasi pesan makanan online memiliki tautan/link yang lumayan cukup panjang.
Untuk membuat microsite, Anda dapat memanfaatkan layanan gratis yang tersedia di beberapa situs populer pilihan berikut ini:
- https://home.s.id
- https://lynk.id
- https://short.io
Cara #5: Membuat Profil Bisnis Kuliner di Social Media
Lagi-lagi ini adalah merupakan fakta. Di era teknologi digital seperti sekarang ini, siapa sih yang tidak punya akun social media? Maka dari itu, memiliki profil bisnis untuk usaha kulineran dibutuhkan sebagai aset pemasaran.
mas Dirman yakin, siapapun yang membaca artikel saat ini sudah punya akun socmed, benar seperti itu? Maka cara berikut merupakan panduan untuk membuat akun profil bisnis (bukan akun dengan profil pribadi).
Jadi sebaiknya bisnis Anda membuat akun baru untuk kebutuhan tersebut dan berikut adalah langkah mudahnya:
1. Profil Bisnis di Facebook
Jika sudah punya akun social media di Facebook, maka langkah selanjutnya adalah membuat halaman khusus untuk profil bisnis:
- Silakan login ke akun Facebook Anda
- Temukan menu Halaman (biasanya tersedia pada bagian sebelah kiri bawah)
- Tekan tombol Buat Halaman Baru
- Isi data Nama Halaman dan Kategori kemudian tekan tombol Buat Halaman
- Lanjutkan pengisian data yang diperlukan hingga selesai
2. Profil Bisnis di Instagram
Berbeda dengan Facebook yang tidak perlu membuat akun baru, di Instagram ini Anda akan memerlukan akun baru dengan nama yang sesuai dengan profil bisnis.
Namun jika tidak ingin terlalu repot dengan membuat akun Instagram baru, Anda bisa saja merubah akun profil pribadi saat ini menjadi akun khusus bisnis dengan fitur yang berbeda menggunakan cara berikut:
- Buka profil Instagram Anda
- Ketuk ikon roda gigi di sudut kanan atas
- Pilih Pengaturan dan privasi
- Pilih Jenis dan fitur akun
- Pilih Beralih ke akun profesional
- Pilih kategori yang sesuai dengan bisnis Anda
- Pilih Bisnis
- Ikuti petunjuk selanjutnya hingga selesai
Penutup
Demikian artikel tentang Bagaimana Cara Membuat Profil Bisnis Online Usaha Kuliner. Semoga bermanfaat dan selamat mencoba. Jika ada kekurangan dalam hal menyampaikan atau memiliki pertanyaan terkait konten ini, silakan sampaikan di kolom komentar yang tersedia di bawah.
Posting Komentar
✔ Centang kolom Beri Tahu Saya/Notify Me untuk mendapatkan notifikasi respon komentar.