jEN961bnoHWNuQxXMHOhiOEF8a0k3e3ubeGH0V3g
mas Dirman | Narablog

Membuat Alamat Email Dengan Nama Domain Sendiri Menggunakan Zoho

 Jangan dulu mengaku paling update dan merasa kekinian kalau sekarang masih belum punya alamat email dengan nama domain sendiri. Apalagi punya keahlian atau produk yang akan dipasarkan secara online ke seluruh pelosok dunia.

Membuat Alamat Email Dengan Nama Domain Sendiri Menggunakan Zoho

Contohnya mas Dadang yang sekarang sudah punya email dengan alamat: hubungi@dadang.com. Selain terlihat lebih keren dan profesional, mempunyai alamat email menggunakan nama sendiri atau nama bisnis kedepannya akan memiliki nilai personal branding dan aset sebagai brand awareness yang bermanfaat untuk jangka panjang.

Lalu bagaimana dengan Anda? sudah punya alamat email seperti mas Dadang atau belum? jika belum, maka silakan teruskan membaca.. jangan mau kalah sama si Dadang! ツ

Apa Saja Yang Perlu Dipersiapkan?

Berikut merupakan aset digital yang perlu dipersiapkan terlebih dahulu agar maksud dan tujuan untuk memiliki alamat email dengan nama sendiri dapat tercapai dengan baik dan benar.

1. Nama Domain

Untuk memiliki alamat email dengan nama domain, aset pertama dan paling utama yang perlu dipersiapkan adalah nama domain itu sendiri.

Apa itu domain? domain adalah sebuah nama unik (bisa nama sendiri atau nama bisnis) yang kemudian menjadi identitas digital yang dapat diakses menggunakan koneksi internet. Contohnya ya, seperti: dadang.com itu tadi.

Bagaimana cara mendapatkan nama domain seperti mas Dadang ini? Caranya adalah dengan membelinya di situs penyedia layanan pendaftaran domain terpercaya DomaiNesia.

Berapa harganya? ada beberapa pilihan harga yang dapat disesuaikan dengan kemampuan maupun kebutuhannya.

Jika untuk nama pribadi, dapat menggunakan domain dengan alamat .com, .net, .info, .id atau .web.id. Sementara harga domain yang paling murah untuk saat ini adalah dengan ekstensi .web.id seharga Rp. 60.000an saja per tahun.

Namun jika kedepan akan sekalian dijadikan sebagai aset personal branding dan bisnis online, lebih disarankan untuk menggunakan nama domain yang sudah cukup populer di dunia digital marketing, seperti: .com atau .id.

2. Email Hosting Provider

Pernah mendengar istilah ini? jika belum saya coba menerangkan sedikit secara sederhana agar lebih mudah untuk dipahami, ya.

Email Hosting adalah sebuah layanan yang menyediakan tempat penyimpanan digital (biasa dikenal juga dengan istilah: server) yang dapat diakses serta digunakan oleh penggunanya untuk kebutuhan mengirim dan menerima surat elektronik (email) melalui jalur koneksi internet.

Cara Membuat Alamat Email Dengan Nama Domain Sendiri

Perlu menjadi perhatian, sebelum berlanjut ke tahapan ini, silakan dipastikan sudah membeli nama domain terlebih dahulu, ya.

Dan karena pengalaman pertama dan terbaru saya membuat alamat email dengan nama domain sendiri ini menggunakan layanan yang disediakan oleh situs Zoho, maka tutorial cara yang akan disampaikan adalah dengan menggunakan layanan tersebut saja, ya.

1. Kunjungi Halaman Layanan Email Zoho

Halaman layanan email Zoho dapat diakses menggunakan url ini: https://www.zoho.com/mail/zohomail-pricing.html. Setelah berkunjung, maka tampilan yang tersedia akan seperti pada gambar di bawah ini.

Halaman Layanan Email Milik Provider Zoho

Lhoo.. ternyata berbayar, ya? tenang saja.. pada halaman tersebut memang ditampilkan terlebih dahulu untuk layanan email berbayar. Namun tersedia juga kok layanan email gratisnya. Terus saja gulir ke bawah dan temukan layanan ini: Forever Free Plan. Lalu kemudian tekan SIGN UP NOW.

2. Lanjutkan Dengan Pengisian Data

Langkah selanjutnya adalah mengisi data seperti pada formulir yang akan tersedia. Begini cara mengisinya:

  • Name: isi dengan nama
  • Email Address/Mobile Number: isi dengan alamat email yang sekarang sudah dimiliki saja (misalkan: masdadang@gmail.com)
  • Password: isi dengan password yang aman dan pastikan anda tidak melupakan password tersebut, ya..
  • Kemudian telan.. eh.. tekan tombol SIGN UP

 Langkah selanjutnya Anda akan mendapatkan kode OTP pada email yang digunakan untuk mendaftar tadi. Kemudian masukkan kode OTP yang terkirim via email ke kotak yang tersedia dan tekan tombol: VERIFY.

Enter the OTP sent to your email address.

3. Seting Nama Domain

Langkah atau tahapan selanjutnya adalah melakukan seting untuk nama domain yang sudah dibeli sebelumnya untuk mendapatkan alamat email dengan kustom domain di Zoho.

Untuk memulainya, tekan tombol Add Now pada menu Add an existing domain. Lalu kemudian isi data yang dibutuhkan sesuai dengan nama domain yang akan dijadikan alamat email. Setelah sukses, tekan tombol proceed to domain verification.

4. Seting DNS Domain

Pada bagian ini, perlu sedikit pengetahuan terkait masalah teknis. Untuk yang sudah terbiasa dengan mengelola dns domain tentu akan tidak menjadi masalah atau tidak akan menemukan kesulitan yang berarti.

Seting DNS Domain untuk kustom domain menggunakan Zoho

Atau agar lebih memudahkan dan mempercepat prosesnya, silakan menghubungi teknikal support di tempat Anda membeli domain. Insya Allah akan selalu dibantu dengan baik oleh petugas yang sedang online.

Setelah tahap seting DNS domain ini berhasil, maka akan dilanjutkan pada halaman berikutnya yakni membuat alamat email. Buatlah alamat email sesuai dengan yang diinginkan pada domain yang telah didartarkan.

5. Seting Grup dan DNS Mapping

Pada bagian seting grup, silakan untuk diabaikan saja dengan cara menekan tombol next (continue to dns mapping).

Nah.. pada bagian seting dns mapping ini juga sama seperti poin nomor 4 di atas. Jadi agar proses menjadi lebih cepat dan akurat, silakan langsung hubungi teknikal support di tempat membali nama domain.

Proses selanjutya akan diarahkan ke menu Email Migration lalu Go Mobile, lanjutkan saja tanpa melakukan seting apapun dengan cara menekan tombol next (tanda panah dengan arah ke kanan)

Selesai! setelah sukses dengan ke 5 tahapan di atas, maka sekarang Anda sudah berhasil memiliki alamat email dengan nama domain sendiri.

Cara Masuk Untuk Mengelola Email

Setelah semuanya selesai, lalu bagaimana jika di kemudian hari perlu masuk ke email untuk mengelola berbagai kebutuhan seperti mengirim dan menerima email? berikut adalah 2 cara mudahnya:

  1. Masuk ke halaman pengelola email di Zoho dengan alamat: https://mail.zoho.com, kemudian tekan tombol SIGN IN (berada di sebelah kanan atas).
  2. Masukkan alamat email dan password

 Penutup dan Informasi Tambahan

Pada dasarnya, langkah membuat alamat email menggunakan nama domain sendiri seperti halnya memanfaatkan layanan dari Zoho Mail ini cukup mudah untuk dilakukan secara mandiri.

Selain prosesnya cepat, biaya investasi yang dikeluarkan cukup terjangkau, mail hosting yang disediakan salah satunya oleh provider Zoho juga gratis selamanya, alias tidak ada biaya bulanan atau tahunan untuk kapasitas layanan penyimpanan email hingga 5 GB.

Namun jika dirasa akan kesulitan terutama terkait masalah teknis dalam melakukan setingan, Anda dapat memanfaatkan layanan berbayar yang sudah tersedia seperti di Google Workspace atau provider web hosting Indonesia yang menyediakan layanan email hosting.

Kelebihannya adalah, Anda cukup memesan layanan tersebut sesuai dengan nama domain yang diinginkan untuk alamat email, sementara perkara seting akan dilakukan semuanya oleh layanan tersebut.

Jadi Anda nanti akan menerima berupa alamat email yang sudah jadi dan tinggal menggunakannya saja untuk kebutuhan mengirim dan menerima email.

Semoga bermanfaat dan selamat mencoba.

Aset Digital Marketing

4 komentar

✔ Silakan bebas berkomentar sesuai dengan topik pembahasan di artikel ini.
✔ Centang kolom Beri Tahu Saya/Notify Me untuk mendapatkan notifikasi respon komentar.
  1. Terimakasih kang infonya.. ini yang saya cari

    BalasHapus
    Balasan
    1. sama-sama, silakan dicoba, semoga bermanfaat (y).

      Hapus
  2. Kalau ada yg gratisnya sih saya juga mau.....keren kan punya nama email doamin sendiri

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya, mas.. gratis ini.. ya lumayan laaah :)

      Hapus